Kamis, 06 Juni 2013

Penanganan Kesalahan Dan Half Dokumentasi

A. Jenis Jenis Kesalahan
Tipe-tipe Kesalahan (Errors):
Ø  Kesalahan Persepsi
Ø  Kesalahan Kognitif
Ø  Kesalahan Motor (Gerak)
Tipe-tipe Slip:
Ø  Kesalahan Capture
Ø  Kesalahan Deskripsi
Ø  Kesalahan Data Driven
Ø  Pengaktifan Asosiatif
Ø  Hilangnya Pengaktifan
Ø  Kesalahan Mode
Panduan Pencegahan Kesalahan
- Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat
untuk mode-mode tersebut.
- Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
- Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
- Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
- Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
- Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
- Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh
user, misalnya memindahkan file dari recycle bin.


Panduan Recovery Kesalahan
- Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
- Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian
melegalkan tindakan yang salah.
- Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang
berjalan.
- Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
- Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
- Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk
melakukan perbaikan.
- Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
- Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

JENIS-JENIS DARI DOKUMENTASI/HELP
- Tidak pernah suatu penggantian untuk desain tidak baik, tetapi
penting.
-Sistem sederhana, user memanggil dan menggunakannya, lalumemberikan nama.
- Hampir sebagian sistem dengan banyak fitur membutuhkan
help/bantuan.

Jenis-jenis Bantuan:
- Tutorial
- Review/Referensi yang cepat
- Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
- Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)
Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan. Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.

B. Petunjuk Memperbaiki Kesalahan
·         Menyediakan tipe-tipe tanggapan yang sesuai.
·         Query: bertanya pada user apa yang sudah dilakukan, kemudian melegalkan tindakan yang salah.
·         Menyediakan fungsi “undo” dan pembatalan dari proses yang sedang berjalan.
·         Meminta konfirmasi untuk perintah yang drastis dan bersifat merusak.
·         Menyediakan pengecekan yang beralasan pada masukan data.
·         Mengembalikan kursor ke area kesalahan, memungkinkan untuk melakukan perbaikan.
·         Menyediakan beberapa kecerdasan buatan.
·         Menyediakan akses cepat kepada bantuan untuk konteks-sensitif.

C.  Petunjuk Pencegahan Kesalahan
·         Menghapus mode-mode atau menyediakan petunjuk yang terlihat untuk mode-mode tersebut.
·         Gunakan teknik koding yang baik (warna, gaya).
·         Memaksimalkan pengenalan, mengurangi hafalan.
·         Merancang urutan gerak atau perintah yang tidak sama.
·         Mengurangi kebutuhan untuk mengetik.
·         Uji dan memantau kesalahan-kesalahan dan memperbaikinya.
·         Memungkinkan pertimbangan ulang aksi-aksi yang dilakukan oleh user, misalnya memindahkan  file  dari recycle bin.

D. Jenis Document Dan Alat Bantu

1. Jenis Jenis Document
- Jenis-Jenis Dokumen Berdasarkan Kepentingannya
     a.  Dokumen pribadi, yaitu dokumen yang menyangkut kepentingan perorangan. Contohnya: KTP, SIM, 
          dan ijazah
     b. Dokumen niaga, yaitu dokumen yang berkaitan dengan perniagaan. Contohnya: cek, obligasi, dan 
         saham

     c. Dokumen sejarah, yaitu dokumen yang berkaitan dengan sejarah. Contohnya: fosil, tugu, dan naskah
         proklamasi.
     d. Dokumen pemerintah, yaitu dokumen yang berisi tentang informasi ketatanegaraan suatu pemerintahan. 
         Contohnya: Keppres dan UU.
- Jenis-Jenis Dokumen Berdasarkan Bentuk Fisiknya
     a.  Dokumen literer adalah dokumen yang ada karena dicetak, ditulis, digambar, atau direkam 
          (dikumpulkan di perpustakaan). Contoh: buku, majalah, dan film
     b.  Dokumen korporil adalah dokumen yang berupa benda bersejarah (dokumen ini dikumpulkan di 
          museum).
     c.  Dokumen privat adalah dokumen yang berupa surat atau arsip (disimpan dengan sistem kearsipan)
  
2. Jenis-jenis alat bantuan
·         Tutorial 
·         Review/Referensi yang cepat 
·         Manual Referensi (Penjelasan lengkap)
·         Bantuan untuk context-sensitive (spesifikasi tugas)

         Ada sebagian pendapat menyatakan bahwa sistem yang interaktif dijalankan tanpa membutuhkan    
         Bantuan atau training. Hal ini mungkin ideal, akan tetapi jauh dari kenyataan.    
         Pendekatan yang lebih membantu adalah dengan mengasumsikan bahwa user akan membutuhkan
         Bantuan pada suatu waktu dan merancang bantuan (help) ke dalam sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar